Profil   Leave a comment

Ibu Hajjah Siti Nur Handiah

Published on 13 November 2008

lampu yang unik dan barang yang cantik ini, merupakan produk kerajinan dari kulit kerang. Sangat cocok untuk penghias ruangan. Pembuatnya tangan – tangan terampil para perajin kulit kerang di Cirebon, Jawa Barat.

altBerbagai jenis produk krajinan dari kulit kerang ini tidak saja dipasarkan di dalam negeri, tetapi juga diekspor ke mancanegara. Sentra kerajinan kulit kerang terletak di Desa Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat. Untuk mencapainya tidak sulit dicari karena berada di sekitar kota Cirebon.

Disinilah lokasi sentra kerajinan kulit kerang. Pemiliknya Ibu Hajjah Siti Nur Handiah. Lebih dari dua ribu jenis produk kerajinan dari kulit kerang dibuat disini.

Mulai dari berbagai jenis produk penghias ruangan, seperti pot bunga ini. Selain itu juga terdapat produk kerajinan berupa perabot rumah. Seperti meja makan eksklusif yang dilapisi kulit kerang ini.

altProses pembuatan kerajinan dari kulit kerang cukup sederhana, namun memerlukan keterampilan khusus, dan sentuhan seni yang cukup rumit. Disinilah produk kerajinan kulit kerang dibuat.

Pembuatan kerajinan ini diawali dengan pengolahan bahan baku. Mula – mula kulit kerang dibersihkan. Lalu dimasukkan kedalam oven dan diberi campuran tertentu agar kulit kerang yang keras berubah menjadi lunak sehingga mudah diolah.

Setelah itu, barulah kulit kerang diolah menjadi berbagai produk kerajinan yang diinginkan.

altProduk kerajinan kulit kerang disini dibedakan menjadi berbagai jenis produk. Diantaranya kerajinan kulit kerang murni. Kerajinan kombinasi kerang dengan teknik patry. Serta kerajinan kulit kerang yang dikombinasikan dengan fiber, produk kayu furniture.

Sedangkan ini merupakan produk favorit yang banyak disukai konsumen. Hiasan kulit kerang untuk gantungan pintu yang disebut Windcem.

Nah disinilah dapat dilihat produk kerajinan kulit kerang yang sudah jadi. Berbagai produk kerajinan ini tidak saja dipasarkan di dalam negeri, tetapi juga diekspor ke berbagai Negara, seperti Australia, Hongkong, dan negara – negara Eropa Barat.

Untuk produk tujuan ekspor, diberi perlakuan khusus tergantung selera konsumennya. Seperti produk tujuan Italia banyak menggunakan kombinasi warna. Sedangkan produk tujuan Spanyol umumnya menggunakan warna -warna emas

Posted October 20, 2011 by hms2701firdaus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: